Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jawab Pertanyaan Interview: "Sebutkan Kelebihan dan Kekurangan Kamu"

Halo Sobat Lokerku, Selamat datang di LokerKuCirebon.com! Kami senang berbagi tips dan pandangan terkait HRD dalam bahasa yang mudah dimengerti. Hari ini, kita akan membahas pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara, yakni:

Menggambarkan Kelebihan/Kekurangan yang Relevan

"Sebutkan kelebihan dan kekurangan Anda"

1. Gambarkan Kelebihan/Kekurangan yang Relevan

Pertama-tama, penting untuk diingat bahwa ketika menjawab pertanyaan ini, Anda harus memastikan bahwa kelebihan dan kekurangan yang disebutkan memiliki relevansi dengan pekerjaan yang Anda lamar, kerja tim, atau cara Anda bekerja dengan orang lain. Jadi, janganlah menyebutkan hal-hal yang tidak terkait, misalnya, kemampuan menyanyi atau kemampuan berlari saat melamar pekerjaan sebagai staff administrasi di HR. Fokuskan pada kualitas yang relevan.

2. Kasih Contoh yang Jelas

Mari kita mulai dengan kelebihan. Misalnya, Anda ingin menggambarkan diri Anda sebagai orang yang teliti. Selanjutnya, berikan contoh yang jelas untuk mendukung klaim ini. Sebagai contoh, berkat ketelitian saya, saya selalu dipercayakan sebagai bendahara dalam setiap kegiatan kemahasiswaan. Anda bisa memperkuat contoh ini dengan menyebutkan angka atau pengukuran konkret, seperti jumlah dana yang Anda kelola dalam setiap acara dan berapa kali acara tersebut diadakan dalam setahun. Dengan begitu, HRD dapat dengan mudah memahami tingkat tanggung jawab yang Anda tanggung dan merasa yakin akan kualitas Anda sesuai dengan klaim Anda.

3. Jujur pada Kekurangan

Ketika membahas kekurangan, hindari melakukan humblebragging, yaitu berpura-pura menceritakan kelemahan yang ternyata itu kelebihan kamu. Misalnya, mengatakan bahwa Anda orangnya emosional namun disisi lain kekurangan ini bisa mengarahkan ataupun memimpin orang lain dengan lebih baik. Sebaliknya, akui dengan jujur jika kekurangan Anda adalah ketidakstabilan emosi. Berikan contoh konkret, seperti kapan terakhir kali Anda merasa marah, apa yang Anda lakukan, dan siapa yang mungkin terdampak oleh emosi tersebut. Ini akan membantu rekruter melihat dampak kekurangan Anda.

Selanjutnya, dalam bagian penutup, ceritakan langkah-langkah perbaikan yang sudah dilakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut. Misalnya, jika Anda cenderung emosional, katakan bahwa Anda telah meminta maaf kepada orang-orang yang terpengaruh, sudah belajar mengendalikan emosi, dan bahkan sudah menetapkan aturan, seperti denda jika Anda marah pada orang lain.

4. Tujuan di Balik Pertanyaan HRD Ini

Tujuan dari pertanyaan ini sebenarnya adalah mengukur sejauh mana Anda mengenal diri sendiri dan kemampuan Anda untuk melihat kelebihan dan kelemahan Anda. Ini bukan tentang menunjukkan bahwa Anda lebih baik atau lebih buruk dari yang lain, melainkan tentang kejujuran diri dalam mengakui kelebihan dan kekurangan, serta kemauan untuk terus berkembang. Kemampuan ini adalah tanda kedewasaan emosional yang penting, yaitu kemampuan untuk mengenali diri sendiri apa adanya dan berusaha memperbaiki diri.

Demikianlah ulasan mengenai strategi efektif untuk menjawab pertanyaan HRD "Sebutkan kelebihan dan kekurangan Anda." Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke artikel LokerKuCirebon lainnya untuk bocoran-bocoran dan tips-tips lainnya yaa.

Terima kasih sudah membaca, dan jika Anda menikmati artikel ini, silakan bagikan kepada orang lain. Sampai jumpa!

Oh ya, mulai minggu depan, kami akan membuka sesi konsultasi gratis. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar karier dan ingin berkonsultasi atau mau curhat terkait pekerjaan, interview HRD, dll.., jangan ragu untuk mengirim email ke LokerKuCirebon@gmail.com. Kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda setiap minggunya. Kerahasiaan dijamin!